Serunya Beli Buku di Gramedia Malang

Serunya Beli Buku di Gramedia Malang

Waktu itu hari Minggu tanggal 1 Desember 2014, sekitar jam 2 siang aku sama adekku yang mbuncrit, Rahma, lagi pengen jalan-jalan ke Malang. Secara tiba-tiba gitu aja, lalu kita putuskan. Oke, kita ke Malang, naik motor aja boncengan. Secepat kilat kita mandi dan ganti baju, persiapan ini itu and siap untuk berangkat.

Nyetarter motor beat putih ku di depan rumah, Jaket oke, Helm sudah, tas juga sudah di sangklot. “Wes ayo ndang berangkat sekarang, musti cepetan ini soalnya langite Nampak mendung banget”. Pertanda mau ujan. Berangkatlah aku sama adekku ke Malang.
Baru setengah perjalanan, pas nyampe Kecamatan Lawang – Malang (Baru memasuki kabupaten Malang) lha kok hujan turun beneran, gerimis-gerimis dahulu, deres kemudian. Huhuhu. Kami berdua keujanan tapi ndak sampek ngejumut (baca : basah kuyup) soalnya langsung minggir ke kiri jalan, cari tempat teduh. Memang sih aku di jok bawa mantel, cuman mantel setelan, yang baju sama celana jadi cuman bisa tak pake sendiri, sedangkan adekku gak ada mantelnya.

Kami nunggu ujan reda, sekitar setengah jam diem di pinggir jalan, ujan ini gak berhenti2 sampe akhirnya tinggal gerimis2 doank dan kita lanjutin perjalanan mengagumkan ke Malang ini biar ndak kelamaan. Tujuan pertama, Warnet Bening Hati. Lho kok ke warnet? Bukan bukan bukan, eh iya iya iya soalnya ini warnetnya kakak misananku yang rumahnya di Malang, Mas Nanang namanya. Tempatnya gak jauh2 amat dari toko buku Togamas, jadi ya mampir aja itung2 sambil silaturahmi. Ketemulah sama mas Nanang, ngobrol2 bentar, lalu kami lanjut lagi ke Tujuan Pertama kita, yaitu :

Toko Buku Togamas! Lokasinya di Jalan Raya Dieng No. 27A-2, deket perempatan Dieng Malang. Parkir, lepas mantel, nitipin tas sama jaket, masuk ke dalem Togamas, disitu kami langsung di sambut sama buku-buku best seller yang di tata rapi di Rak Lantai. Bukan Cuma buku best seller tok, buku dan alat2 tulis standart yang lain juga banyak di jual di Togamas, pengen beliiii, tapi jangan soalnya kita kesini bukan untuk beli2 segala macam alat tulis ini, inget dompet kondisinya tragis ini #Jleb.

Haha Rasanya itu kalo sudah masuk toko buku entah itu Togamas, pengen borong semua bukunya. Soalnya Desain cover bukunya bagus-bagus, menatanya di rak juga rapi, variasi-variasi yang apik dan berankea ragam, duh pengen ngebawa pulang semua aja! (buku + raknya). Tapi impossible… lupakan…

Togamas Malang - foto oleh halomalang

Pas lihat di salah satu rak buku, ada tulisan : “Stop Kebodohan dengan tidak membaca disini”. Artinya brarti gak boleh di baca tuh buku sampe benar-benar kebeli! Tapi lha wong ada yang segelnya uda kebuka, jadi ya tak bukak aja soalnya aku penasaran sama isinya, gara-gara covernya apik jadi pengen membuka lembar demi lembar isinya. Haha. apa aku berarti bodoh? aku sih gak merasa.

Muter-muter di Togamas sampe puas, sekitar 45 menitan disana. Aku sama adekku nyari bukunya raditya dika kok gak nemu ya? Secara kreatif kita langsung nanya ke mas-mas karyawan togamas yang lagi berdiri di deket salah satu rak buku. “Mas, buku karya Raditya Dika sebelah mana ya?” lalu di jawab sama masnya itu, “Ooo, untuk buku Raditya Dika ndak semua ada di Togamas Mas, soalnya beda penerbit. Disini sih ada, sebelah sana” sambil nunjuk tempat bukunya dan melangkah kesana, kita ikutin dia lalu di ambilin buku Raditnya yang judulnya Cinta Dalam Kardus, tapi bukan ini yang kami cari, sory buku, kamu aku kembaliin ke rakmu semula. terus aku sama adekku memutuskan untuk menyudahi petualangan pencarian buku Raditya Dika di Togamas.

Seketika kita putuskan buat meluncur ke toko buku Gramedia. wow! Gramedia ini toko buku yang sudah sangat besar dan terkenal seantero Nusantara. siapa sih yang gak tau Gramedia?  ya banyak sih, tapi yang tau juga banyak kan .hehe. Naik motor beberapa menit, menuju Gramedia yang terletak di bagian utama kota Malang, tepatnya di Jl. Basuki Rahmat No. 3 Malang,  yang belum pernah ke Gramedia Malang, cari aja lokasinya di google maps. pasti nemu kok :)
Eh, Gramedia Malang itu ada 2 Cabang ding, satunya di MATOS (Malang Town Square) lantai 2.

Dan Sekarang kita sudah sampai di Tujuan ke. 2 Kita, Toko Buku Gramedia :
Kebetulan aku memang sudah lumayan apal kota Malang, jadi pas nyari toko buku Gramedia, sret sret langsung nemu TKP nya. keknya gak penting banget deh :D ah, lupakan (part.2)

Begitu nyampe Gramedia, langsung turun ke bawah, tempat parkiran motor, tanpa lama-lama masuklah aku sama adekku kedalam Toko Buku yang super keren ini.

gramedia malang (foto nyomot dari gugle)

Nuansanya hampir sama kayak masuk Togamas tadi, banyak cuman di bedanya di bagian lantai 1 Gramedia, bukan buku-buku yang di sajikan. Tapi lebih banyak alat-alat tulis, perlengkapan kantor, bahkan ada juga alat-alat musik yang di jual, di pajang di bagian belakang. Lha buku-bukunya dimana? tenang, buku-buku yang dijual itu ada di Lantai 2, di atas. berarti musti manjat pohon buat naiknya? yaelah, pake escalator lah... < penting gak kutipan ini? nggak kayaknya.. lupakan (part.3)

Jreng-jreng-jreng-jreng..
tibalah aku sama adekqu Rahma di lantai 2 Gramedia, banyak banget buku-bukunya. kereen. yuk kita berpencar nyari buku yang mau di beli. Rak Display buku-buku di Gramedia ini juga gak kalah keren sama Togamas, tapi masih gampang nyari buku di Togamas sih. why? soalnya di Gramedia gak ada Tulisan Jenis / kategori buku yang di gantung atau di tempelkan di raknya (kayak di Togamas), jadi musti nggrabak (baca:cari dengan teliti) deh.
Tapi ndak terlalu sulit buat kami menemukan buku yang kami cari, caranya? tinggal kita lihat aja deretan buku-buku ini. Ini novel, itu buku motivasi, ini buku sekolah, itu buku resep masakan, ini komik, itu buku muslim, lalu.. naaaaaah,, ini dia deretan buku-bukunya Raditya Dika! Ngomong-ngomong buku-buku kek begini tergolong kategori buku apaan ya? ini kan soal tulisan-tulisan ngaco, konyol dan tidak bermartabat. kepikiran nggak sih? nggak kan? sama...

koleksi buku Raditya Dika di Togamas, Komplit, mulai buku Kambing Jantan - yang terakhir Manusia Setengah Salmon. "Yang Mana Raham pengen beli?" tanyaku. sambil milih-milih buku mana yang pengen di beli, sambil ngelirik buku-buku di sebelahnya. bagus-bagus kayaknya semua buku ini. Kenapa sih rasanya lagi-lagi pengen borong semua buku-buku ini T_T.

Keputusan jatuh di buku Radith yang berjudul : Marmut Merah Jambu. oke deh. cek harganya, eh cuman Rp 39.500.- .lha kok murah banget, akhirnya tak tawarni adekku itu, beli dua aja gak papa wes. bukunya murah begini. "okee" sumringah banget adekku, rencana beli satu malah dapet dua :)

Buku Marmut Merah Jambu
Sebenernya aku mikir, itu kenapa ya kok cover bukunya pake Foto Radith duku manis di Sofa yang harganya sepertinya mahal, dan Radith duduk manis diem seperti manusia tanpa dosa. Gak ada marmut-marmutnya gitu. #mikir keras

Pilihan kedua jatuh di buku Radith yang lainnya, berjudul : Radikus Makankakus, bukan binatang biasa! sumpah judulnya aneh banget? lha ya gini kok laku? itulah keajaibannya si Radith. Btw, berapa harganya? tertera di balik buku itu : Rp 30.000,- . jiaaaah ini kok malah tambah murah puoll. yaudah gapapa deh. "Nambah 1 lagi donk mas", seru adekku. "enggaaaak, dompet tipis bingit ini, minggu depan dan depannya dan depannya aja kita kesini lagi buat beli buku yang lain", jawabku.

buku ke 3 karya Raditnya (absurd abis)

Habisin dulu baca 2 buku ini, nanti kita beli lagi kalo sudah tamat bacanya. haha. eh, kok ndak beli buku yang Manusia Setengah Salmon, din? ndak soalnya yang ini aja belum pernah baca, jadi itu yang itu mungkin berikutnya aja di beli.


Menuju Kasir, antri sebentar coy. sambil ngantri, aku mbatin, duh pengen deh seminggu sekali beli buku di Gramedia. Koleksinya lengkap, buku-buku berkelas, best seller dan menginspirasi. "Semuanya Rp 39.500,-", gitu kata mbak-mbak kasir berbaju seragam gramedia melayani dengan ramah dan sabar. Setelah bayar, langsung menuju lantai bawah, kita langsung capcus pulang. Go to parkiran, ambil motor, pake helm. dan perjalanan pulang pun kita mulai dengan perasaan riang gembira penuh suka cita karena sudah dapet apa yang kami cari.

Ini pengalamanku tumbas buku di Togamas dan Gramedia. Punya pengalaman ke toko buku juga? share aja guys :)